jump to navigation

Kebisingan Serta Pengaruhnya Terhadap Kesehatan Dan Lingkungan Oktober 13, 2006

Posted by hseclubindonesia in Environmental.
trackback

KEBISINGAN SERTA PENGARUHNYA TERHADAP KESEHATAN DAN LINGKUNGAN 

Oleh. Arif Susanto 

PENDAHULUANKebisingan diartikan sebagai suara yang tidak dikehendaki, misalnya yang merintangi terdengarnya suara-suara, musik dan sebagainya atau yang menyebabkan rasa sakit atau yang menghalangi
gaya hidup. (JIS Z 8106,IEC60050-801 kosakata elektro-teknik Internasional Bab 801:Akustikal dan elektroakustikal). Kebisingan yaitu bunyi yang tidak diinginkan dari usaha atau kegiatan dalam tingkat dan waktu tertentu yang dapat menimbulkan gangguan kesehatan manusia dan kenyamanan lingkungan (KepMenLH No.48 Tahun 1996) atau semua suara yang tidak dikehendaki yang bersumber dari alat-alat proses produksi dan atau alat-alat kerja pada tingkat tertentu dapat menimbulkan gangguan pendengaran (KepMenNaker No.51 Tahun 1999).
 

Diantara pencemaran lingkungan yang lain, pencemaran/polusi kebisingan dianggap istimewa dalam hal : (1) penilaian pribadi dan subjektif sangat menentukan untuk mengenali suara sebagai pencemaran kebisingan atau tidak, (2) kerusakannya setempat dan sporadis dibandingkan dengan pencemaran udara dan pencemaran air dan bising pesawat merupakan pengecualian. 

UNSUR SUARAApabila bel dibunyikan, seseorang menangkap ‘nyaring’, ‘tinggi’ dan ‘nada’ suara yang dipancarkan. Ini merupakan suatu tolak ukur yang menyatakan mutu sensorial dari suara dan dikenal sebagai ‘tiga unsur suara’. 

Ukuran fisik ‘kenyaringan’, ada amplitudo dan tingkat tekanan suara. Untuk ‘tinggi’ suara adalah frekuensi dan ‘nada’ adalah sejumlah besar ukuran fisik. Kecenderungan saat ini adalah menggabungkan segala yang merupakan sifat dari suara, termasuk tingginya, nyaringnya dan distribusi spectral sebagai ‘nada’.  

FREKUENSI DAN PANJANG GELOMBANG
Suatu gelombang suara memancar dengan kecepatan suara dengan gerakan seperti gelombang. Jarak antara dua titik geografis (yaitu dua titik di antara mana tekanan suara maksimum dari suatu suara murni dihasilkan) yang dipisahkan hanya oleh satu periode dan yang menunjukkan tekanan suara yang sama dinamakan ‘gelombang suara’, yang dinyatakan sebagai l(m). Apabila tekanan suara pada titik sembarangan berubah secara periodik, jumlah berapa kali di mana naik-turunnya periodik ini berulang dalam satu detik dinamakan ‘frekuensi’, yang dinyatakan sebagai f(Hertz/Hz, lihat gambar gelombang sinusoidal). Suara-suara ber-frekuensi tinggi adalah suara tinggi, dan yang ber-frekuensi rendah adalah suara rendah. Hubungan antara kecepatan suara c (m/s), gelombang l dan frekuensi f dinyatakan sebagai berikut : C = f x lPanjang gelombang dari suara yang dapat didengar adalah beberapa sentimeter dan sekitar 20m. Kebanyakan dari objek di lingkungan kita ada dalam lingkup ini. Mutu suara dipengaruhi oleh kasarnya permukaan-permukaan yang memantulkan suara, tingginya pagar-pagar dan faktor-faktor lainnya, akan berbeda sebagai perbandingan dari panjang gelombang terhadap dimensi objek. 

Dari gambar garis bentuk kenyaringan dari tes (hearing) psikiatris ini bahwa batas perbedaan suara yang bisa terdengar oleh rata-rata orang adalah 20-20.000Hz tetapi bisa terdengarnya tergantung pada frekuensi. Kurva menggunakan 1000Hz dan 40dB sebagai referensi untuk suara murni dan mem-plot suara referensi ini dengan tingkat-tingkat yang bisa terdengar dari kenyaringan yang sama pada berbagai frekuensi. 

TIPE-TIPE KEBISINGANKategori kebisingan lingkungan dapat dilihat seperti dalam tabel berikut :

Jumlah kebisingan Semua kebisingan di suatu tempat tertentu dan suatu waktu tertentu
Kebisingan spesifik Kebisingan di antara jumlah kebisingan yang dapat dengan jelas dibedakan untuk alasan-alasan akustik. Seringkali sumber kebisingan dapat diidentifikasikan
Kebisingan residual Kebisingan yang tertinggal sesudah penghapusan seluruh kebisingan spesifik dari jumlah kebisingan di suatu tempat tertentu dan suatu waktu tertentu
Kebisingan latar belakang Semua kebisingan lainnya ketika memusatkan perhatian pada suatu kebisingan tertentu. Penting untuk membedakan antara kebisingan residual dengan kebisingan latar belakang

 

DECIBELSDecibel (dB) adalah ukuran energi bunyi atau kuantitas yang dipergunakan sebagai unit-unit tingkat tekanan suara berbobot A. Yang dilakukan untuk mensederhanakan plot-plot multipel seperti pada gambar dan untuk secara kira-kira menyebandingkan kuantitas logaritmik dari stimulus untuk stimulus akustik yang diterima telinga manusia dari luar. Untuk menilai kebisingan diperlukan untuk menghitung tambahnya atau kurangnya tingkat tekanan suara berbobot A rata-ratanya dan sebagainya.  

PENGARUH DAN AKIBAT DARI KEBISINGANMeskipun pengaruh suara banyak kaitannya dengan faktor-faktor psikologis dan emosional, ada kasus-kasus dimana akibat-akibat serius seperti kehilangan pendengaran terjadi karena tingginya tingkat kenyaringan suara pada tingkat tekanan suara berbobot A dan karena lamanya telinga terpajan terhadap kebisingan itu. Berikut jenis dari akibat kebisingan :

Tipe Uraian
Akibat lahiriah Kehilangan pendengaran Perubahan ambang batas sementara akibat kebisingan, perubahan ambang batas permanen akibat kebisingan
Akibat fisiologis Rasa tidak nyaman atau stress meningkat, tekanan darah meningkat, sakit kepala, bunyi dering
Akibat psikologis Gangguan emosional Kejengkelan, kebingungan
Gangguan
gaya hidup
Gangguan tidur atau istirahat, hilang konsentrasi waktu bekerja, membaca dan sebagainya.
Gangguan pendengaran Merintangi kemampuan mendengarkan TV, radio, percakapan, telpon dan sebagainya.

 


BAKU TINGKAT KEBISINGAN
Baku tingkat kebisingan adalah batas maksimal tingkat kebisingan yang diperbolehkan dibuang ke lingkungan dari usaha atau kegiatan sehingga tidak menimbulkan gangguan kesehatan manusia dan kenyamanan lingkungan (KepMenLH No.48 Tahun 1996).
Baku tingkat kebisingan (Nilai Ambang Batas,NAB) peruntukan kawasan/lingkungan dapat dilihat pada tabel dibawah ini (KepMenLH No.48 Tahun 1996) :

Peruntukan kawasan / lingkungan kegiatan Tingkat kebisingan (A)
a. Peruntukan Kawasan1. Perumahan dan pemukiman2. Perdagangan dan jasa3. Perkantoran dan perdagangan4. Ruang terbuka hijau5. Industri6. Pemerintahan dan fasilitas umum7. Rekreasi8. Khusus :- Bandar udara- Stasiun Kereta Api - Pelabuhan Laut- Cagar Budaya 

b. Lingkungan Kegiatan1. Rumah Sakit atau sejenisnya2. Sekolah dan sejenisnya3. Tempat ibadah dan sejenisnya

 

55706550706070 

 

6070 

 

 

555555

 

Dan kebisingan yang dapat diterima oleh tanaga kerja tanpa mengakibatkan penyakit atau gangguan kesehatan dalam pekerjaan sehari-hari untuk waktu tidak melebihi 8 jam sehari atau 40 jam seminggu yaitu 85 dB(A) (KepMenNaker No.51 Tahun 1999, KepMenKes No.1405 Tahun 2002). Pada lampiran 2 KepMenNaker No.51 Tahun 1999, NAB dapat dilihat pada tabel dibawah ini :

Waktu pemajanan per hari Intensitas kebisingan dB(A)
8 Jam 85
4  

88
2  

91
1  

94
 

 

 

30 Menit 97
15  

100
7.5  

103
3.75  

106
1.88  

109
0.94  

112
 

 

 

28.12 Detik 115
14.06  

118
7.03  

121
3.52  

124
1.76  

127
0.88  

130
0.44  

133
0.22  

136
0.11  

139
Tidak boleh terpajan lebih dari 140 dB(A) walaupun sesaat

 

Agar kebisingan tidak mengganggu kesehatan atau membahayakan perlu diambil tindakan seperti penggunaan peredam pada sumber bising, penyekatan, pemindahan, pemeliharaan, penanaman pohon, pembuatan bukit buatan ataupun  pengaturan tata letak ruang dan penggunaan alat pelindung diri sehingga kebisingan tidak mengganggu kesehatan atau membahayakan. 

 

 

 

About these ads

Komentar»

1. IRMA NINGSIH - Maret 28, 2007

MANA GAMBARNYA DASAR BOHONG

2. Muhamad Ismail Adha - April 21, 2007

Saya mahasiswa D3 Hiperkes & Keselamatan Kerja Univ 11 Maret Solo. Sya sekarang sedang PKL/Magang di PT Krakatau Steel Cilegon, Kebetulan judul yang saya ambil adlah Pengukuran kebisingan terhadap nilai NIHL di Steel Melting PT. Krakatau Steel Saya meminta tolong apabila Ibu Irma mempunyai referensi tentang kebisingan dan beberapa standart pengukuran tentang kebisingan mohon di kirimkan ke email saya di Fuad_Hiperkes04uns@yahoo.com

3. Wisnu Eka Yulyanto - April 28, 2007

Saya bekerja di Lab. Kebisingan dan Getaran Pusat Sarana Pengendalian Dampak Lingkungan Kementrian LH sejak tahun 1993 sampai sekarang. Kami punya data pemantauan Kebisingan Lingkungan di beberapa kota besar di Indonesia dari tahun 1995 sampai 2006, untuk pemantauan kebisingan di atas tahun 1998 kami mencoba untuk melakukan pengambilan data selama 7 hari secara kontinyu di 3 s/d 4 titik yang berbeda secara bersamaan. Disamping itu masih banyak lagi data-data penlitian yang kami lakukan sehubungan dengan tulisan diatas mungkin data-data lapangan kami bisa menjadikan landasan yang kuat untuk membuktikan bahwa kebisingan yang terjadi sebenarnya sudah cukup menganggu, akan tetapi karena adanya faktor ekonomi dan soial dampak yang terjadi kurang dirasakan oleh masyarakat pada umumnya. Sejak tahun 2003 Lab Kebisingan dan Getaran Pusarpedal KLH mempunyai 8 parameter pengkuran kebisingan yang sudah terakriditasi KAN. Disamping itu Lab. kami mempunyai fasilitas peralatan yang cukup komplit ( Integrating SLM 15 buah, Sound Level Analyzer, FFT Analyzer, Sound Intensity Analyzer dll) dan semuanya portable. Kami bersedia membantu teman2 yang membutuhkan data2 hasil pengukuran yang kami lakukan ataupun berbagi pengalaman dalam hal pengukuran di lapngan.

dedyaudio - Maret 4, 2010

saya sound enginer
sampai sekarang saya masih belum mengerti…..
kenapa telinga manusia sangat sensitif dengan 1khz-4khz
thx

ardhanaputra - Mei 28, 2010

Penelitian tentang sensitivitas telinga manusia dilakukan dengan mengambil sample sekelompok anak muda yang tidak memiliki cacat pendengaran. Mereka diminta mendengarkan suara dengan frekuensi 1 kHz dengan tingkat tekanan suara (SPL) tertentu. Kemudian suara dengan frekuensi lain (audible frequencies 20-20 kHz) secara bergantian diperdengarkan dan dibandingkan dengan suara 1 kHz tersebut sensitivitas ditandai = 0). Dari hasil penelitian diperoleh bahwa manusia kurang sensitive di daerah frekuensi rendah (bass) dan didaerah frekuensi tinggi (treble). Manusia paling sensitive (lebih sensitive dari 1 kHz) pada frekuensi sekitar 4 kHz (tepatnya 3800 Hz). Artinya sesitivitas telinga manusia pada frekuensi disekitar 4 kHz tersebut bertanda (-) jika dibandingkan dengan 1 kHz. Oleh karena itu jika kita menyetel equilizer agar suara musik ‘enak’ didengar maka kita akan berikan ‘level’ yang lebih tinggi didaerah frekuensi rendah kemudian menurun secara bertahap sampai frekuensi 4 kHz, selanjutnya ‘naik’ lagi pada frekuensi-frekuensi yang lebih tinggi (misalnya sampai 20 kHz). Walaupun demikian stelan itu tidak selama sama seperti itu untuk jenis-jenis musik yang berbeda. Untuk musik dengan vokal yang menonjol umunya didaerah frekuensi menengah (vokal sekitar 400 – 2 kHz) perlu ‘diangkat supaya suaranya vokalnya jelas. Pada audio system dengan digital equilizer sering sudaj disediakan stelan-stelan equlizer untuk jazz, rock, pop dsbnya, jadi tinggal pilih, maka equilizer akan di stel sesuai jensi musiknya dna dianggap akan enak didengar. Jika ditanya lagi kenapa sensitivitas telinga kita seperti itu ? Ditelinga bagian dalam ada sederet sel-sel rambut yang berada sepanjang basilar memberane yang setiap bagian bergetar sesuai dengan frekuensi suara yang kita terima. Bgaian sel-sel rambut yang bergetar untuk frekuensi 4 kHz adalah bagian yang paling mudah bergetar dibandingkan dengan yang sel-sel rambut pada bagian yang lain. hati-hati kalau terus menerus mendengarkan suara yang mengandung frekuensi 4 kHz dengan energi yang tinggi, karena lama-kelamaan sel-sel rambut pada bagian itu bisa melemah dan mati. Akibatnya kita akan sulit mendengar suara dengan frekuensi tersebut. Referensi tentang hal ini bisa dibaca pada buku-buku text akustik pada bagian ‘kurva Equal Loudness’. Salam.

adr - Juli 29, 2011

mau tanya ada ndak data pengukuran kebisingan di perusahaan2 yg ada di kota semarang,bawen,salatiga untuk 4 tahun terakhir ini??dri tahun 2008-2011..

klo ada bs tlg di krim ke email saya?soalnya saya sdg melakukan penelitian ttg kebisingan di salah satu perusahaan yg ada di semarang
armiladr@yahoo.com

terimakasih

sudadi - September 27, 2011

pak minta nomor hp dan emailnya

4. buana - April 29, 2007

saya alumni hiperkes uns 2001.sekarang saya sedang meneliti tetentang hubungan kebisingan dengan tekanandarah

5. waluyo - Mei 28, 2007

tolong minta data yang dimaksud oleh sdr wisnu dari pusarpedal, gimana cara mendapatkannya, saya mahasiswa pasca sarjana ilmu lingkungan yang tertarik pada masalah kebisingan.

6. byan - Juli 5, 2007

kirim contoh gambar kebisingan di tempat kerja ,dong.

7. baron night - Juli 5, 2007

saya seorang mahasiswa sedang melekukan pembuatan tugas akhir
mengenai tingkat kebisingan suara, saya mohon bantuan donk pada
siapa saja yang mempunyai bahan mengenai klasifikasi kelayakan suara
dapat didengar oleh telinga manusia. saya mohon bantuannya…..btw tanks ya???!!!saya tunggu loh…..

8. priyady - Juli 7, 2007

mau nanya, kalo ambang batas baku untuk lingkungan kampus/pendidikan, standar bakunya berapa ?

9. ojeb SMAN - Juli 27, 2007

kebisingan di dunia ini harus dikurangi!!!
Kalo enggak, kita harus cepat-cepat antisipasi beli
peredam suara di rumah atau telinga kita..
Jadi, walaupun di Indonesia gak ada musim dingin, terlihat seperti ada musim dingin, cz semua orang pake pelindung telinga..
So what gitu Loh……..
Gaya dong.. masak hanya negara subtropis aja yang pake tutup telinga…

10. HCI - Juli 29, 2007

Dikarenakan kesibukan kegiatan kerja, kami mohon maaf atas beberapa komentar dari rekan-rekan yang terlambat kami respon. Namun demikian pertanyaan serupa dapat rekan-rekan HSE sampaikan ke alamat :
Group Email Addresses
Post message: HSE-Club-Indonesia@yahoogroups.com
Subscribe: HSE-Club-Indonesia-subscribe@yahoogroups.com
Unsubscribe: HSE-Club-Indonesia-unsubscribe@yahoogroups.com
List owner: HSE-Club-Indonesia-owner@yahoogroups.com

11. Liva - September 13, 2007

Mohon informasi lebih lanjut tentang kebisingan yang terjadi di pemukiman dan perkotaan. Terima kasih
Lee_vha1@yahoo.co.id

12. Tiara Nurlita - September 15, 2007

saya tiara, mahasiswa kedokteran unsoed Purwokerto. saya sekarang sedang mengajukan Karya Tulis Ilmiah mengenai perbandingan stress bising akut dan kronis terhadap perilaku agresif pekerja pada PLTU kalikidang – Cilacap. Saya meminta tolong apabila Ibu Irma mempunyai referensi tentang kebisingan dan beberapa standart pengukuran tentang kebisingan mohon di kirimkan ke email saya di tiaranurlita_dr@yahoo.com

13. rahmi - November 7, 2007

saya rahmi,mahasiswa kesehatan masyarakat,saya minta tolong pada bu irma apabila bu irma memiliki tentang refrensi hubungna kesehatan dan lingkungan fisik dari sudut pandang sosiologi kesehatan.mohon dikkirim keemail saya di rafumie@yahoo.com

14. yuliana - November 20, 2007

saya minta tolong pada ibu apabila ibu mempunyai referensi tentang kebisingan di lingkungan kerja serta standart pengukuran kebisingan di tempat kerja, pengorganisasian kerja, dan kebersihan di lingkungan kerja, mohon dikirim ke email saya di youlea_k@yahoo.co.id Terima kasih

15. dewi - November 28, 2007

CARA MENGGULANGANNYA KURANG LENGKAP TAMBAH LAGI DONK

16. Vicko - Desember 11, 2007

Author yang terhormat, saya saat ini sedang mengambil Tugas Akhir dibidang kebisingan Bandar Udara, saya jurusan Teknik Lingkungan, saya saat ini membutuhkan baku mutu yang diterbitkan oleh Menteri Perhubungan, saya sudah googling via internet dan menyambangi perpustakaan dephub, akan tetapi hasilnya nihil…

Ada yang bisa membantu saya, oh ya, blog ini saya link dengan blog saya ya mas…

Terima kasih

17. iwan - Februari 14, 2008

Ambang batas kebisingan untuk setiap bandara di atur dalam keputusan menteri perhubungan, dengan mengacu pada KM.48.tahun 2002. secara singkat dalam keputusan menteri tsb dibagi tiga kawasan kebisingan yaitu kawasan kebisingan tingkat 1(70<=WECPNL<75), kawasan kebisingan tingkat 2(75<=WECPNL=80). Untuk mendapatkan copy dari regulasi ini bisa menguhubungi direktorat teknis Dirjen perhubungan udara di Gedung Perhubungan Lt.24 di Jl merdeka barat no8 Jakarta
semoga informasinya belum basi, sukses….

18. Adi - Februari 24, 2008

Saya adalah mahasiswa Teknik Pertambangan, dan sekarang sedang tugas akhir tentang baku tingkat getaran (Standarisasi KLH) padakegiatan peledakan, mohon informasi mengenai nilai ambang batasnya?
Thanx

ardhanaputra - Mei 28, 2010

Baku mutu getaran dimuat dalam KepMenLH no 48 1996. Perlu diperhatikan bahwa baku mutu tersebut dimaksudkan untuk getaran yang mempengaruhi rumah (pemukiman)

19. tha" - Maret 4, 2008

tolong tunjukan atau tampilkan skala intensitas kebisingan dari berbagai sumber. Mohon dengan amat sangat!!!!!!!!
thnx b4

20. rizal - Maret 12, 2008

bohong…g da gambar

21. asshole - Maret 16, 2008

tolong dunk..aku lg bwt skripsitentang kebisingan ditempat kerja.tlng cariin artikelnya.

22. phet - Maret 27, 2008

saya mohon kepada ibu, apabila ibu mempelajari tentang automasi dan mekanisasi ergonomi untuk kirim ke phet_curly@yahoo.com

23. dedy - April 13, 2008

Saya lagi ngerjain skripsi tentang pengaruh tingkat kebisingan di bandara Adisutjipto yogyakarta..Saya minta tolong kalau ada referensinya kirim ke email saya (dedy_016@yahoo.co.id)…terima kasih sangat..

24. apri - Juni 4, 2008

saya mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat USU peminatan K3.sekarang saya sedang menyusun tugas akhir mengenai kebisingan”Hubungan Kebisingan Terhadap Kemampuan Pendengaran Pekerja bagian Produksi Pabrik Karet X”.Tapi saya kebingungan untuk mencari tempat yang dapat meminjamkan audiometer.Kira2 ada g dr temen2 yg mau bantuain saya??????.sekalian saya juga butuh judul buku yang dapat saya jadikan referensi.kl ada yg berbaik hati mau membantu saya kirim info ke email saya(Apau_Lee@plasa.com)..thenkyuuuuuu

25. versus - Juli 2, 2008

saya mahasisiwi yang sedang ambil tugas akhir. tlong bu berikan referensi mengenai hubungan kebisingan dan hipertensi.

26. versus - Juli 2, 2008

oh ya bila ada yang mo beri info2 tntag pengaruh kebisingan dan hipertensi. diharapkan bantuannya??? tlonng y…..ke email saya versus_2728650@yahoo.com, thanks…^_^

27. dicky - Juli 14, 2008

tolong minta referensi ttg kebisingan dengan Indeks Prestasi Murid SD,

28. Eny Nurwati - Juli 15, 2008

Mohon bantuan referensi tentang pengaruh kebisingan dengan psikologi manusia, sebagai bahan makalah psikologi lingkungan.
Terima kasih atas bantuannya. Tolong emailkan ke… eny_nurwati@yahoo.co.id

29. resyiagani - Juli 16, 2008

Saya Mohon Bantuan Ibu, Referensi Tentang Pengaruh Kebisingan Terhadap Psikologi Manusia dan Lingkungan.
Terima Kasih atas Bantuanya. Tolong emailkan ke: resyi_agani@yahoo.co.id

30. IDA - Agustus 26, 2008

saya Minta Referensi Ttg KEBISINGAN dAn Pengaruhnya trhdp Manusia

31. alley - September 10, 2008

Mohon bantuannya Ibu, saya minta dikirimkan gambar/grafik untuk tingkat kebisingan di indonesia. Terima kasih sebelumnya.

32. Wisnu Eka Yulyanto - September 18, 2008

Bagi teman-teman yg butuh data kebisingan lingkungan di indonesia bisa menghubungi kami di email : wisnueka@gmail.com atau kebisingangetaran@gmail.com Dan untuk melihat fasilitas bisa mengunjungi blok kami di lab-bising.blogspot.com. Kami melakukan penelitian di bidang akustik lingkungan sejak tahun 1994. Disamping itu kami mempunyai fasilitas pelayanan jasa pengukuran di bidang akustik.

33. ficka - September 19, 2008

misalnya terjadi kebisingan karena suara adzan. bagaimana cara mengatasinya agar orang yang bukan seagama tidak merasa keberatan.

34. Dwi Ananda Marta - September 22, 2008

Apakah KepMenLH No.48 Tahun 1996 sudah ada revisinya? saya dengar ada peraturan baru tentang tingkat baku kebisingan thn. 2007
Apakah ibu mempunyai soft copynya? Apabila ada, mohon kesediaannya untuk mengirimkan kepada saya
dwiananda@gmail.com
terima kasih

35. akmal - Oktober 8, 2008

mau donk digonggongi

36. sari - November 2, 2008

tolong dunk kirimkan surat edaran menteri tenaga kerja dan transmigrasi mengenai standar kibisingan di tempat kerja>>>>>>
makasih
sariseptiniska@gmail.com

37. selvy ilyas - November 21, 2008

saya minta SE Menakertrans juga ya bu….kebetulan Ta saya ngambil masalah kebisingan di drilling rig
mksh
kirimnya kesini ya bu….
selvy_yovita@uns.ac.id
bvg_vee@yahoo.co.id

38. selvy ilyas - November 21, 2008

maksudnya SE menakertrans tentang standart kebisingan di tempat kerja

39. Dony - Desember 9, 2008

Saya Dony Wirman dari Ilmu Kesehatan Masyarakat Univ negeri semarang…untuk temen2 forum tolong bagi2 informasi tentang bagaimana reaksi Suara bising dapat mempengaruhi fungsi kinerja tubuh kita.. (Patofisiologi nya) . Atau yang punya bahan/ jurnal ilmiah bisa dikirimkan ke saya melalui email ke dony_sunderley@yahoo.com.
Mohon kerja samanya untuk penelitian saya..terima kasih…

40. prabu - Januari 4, 2009

kok blognya mandek?
Ayo dong di update tulisannya.

41. esti - Januari 14, 2009

boleh gak kepada sdr. Buana..
saya pgn lihat penelitiannya tentang hub kebisingan dengan tekanan darah???
saya ini lagi mw ngajuin juduk KTI, tp blm disetujui jg sm dosen pembimbing..

42. Mawardi, ST., Mkes - Januari 21, 2009

Perlu juga perawatan mesin (jika sumber bising dari mesin) dengan cara merawat (memberi pelumas secara berkala dan mengganti komponen yang sudah haus)

43. singgih - Januari 25, 2009

bisakah bantu saya dalam membuat karya tulis tentang kebisingan dalam penggilingan padi dan upaya apasaja yang harus dilakukan olehnya.

44. andre - Februari 10, 2009

saya anak D4 kesehatan kerja fk uns.saya sekarang sedang mengambil skripsi yang berjudul pengaruh kebisingan terhadap penurunan daya dengar pekerja agen-agen bus di terminal.tolong saya dikirimi data-data yang berhubungan dengan judul yang saya ambuil ke email saya:andre_iyas43@yahoo.com

45. yani dwiyuli - Februari 12, 2009

saya seorang dosen kebisingan dan getaran…bisa bantu saya untukdapatkan materi yang up date tentang 2 hal tersebut, bukan hanya teori tapi juga data akurat di lapangan mengenai kebisingan dan getaran yang berkaitan dengan kesehatan dan keselamatan kerja, mengingat materi-materi yang saya peroleh masih sangat minim,tks

Purnmo - Desember 3, 2009

saya praktisi dalam hal survey kebisingan, data yang dimau spt apa? brapa lama waktu kerja yang diinginkan (krn akan beda NAB) 8, 9, 10 ,11, 12 dst berubah juga NAB

46. Wisnu Eka Yulyanto - Februari 24, 2009

Nama saya Wisnu Eka Yulyanto saya bekerja di Lab. Kebisingan dan getaran Pusarpedal KLH dari tqhun 1993 s/d sekarang saya mempunyai banyak data2 kebisingan baik yg sudah di publish di seminar2 akustik maupun yg belum. Data yg kami punyai adalah data kebisingan lingkungan di beberapa kota besar di Indonesia diantaranya Medan, Pekanbaru, Padang, Pangkal Pinang, DKI, Yogya, Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar, Pontianak, Balikpapan, Makasar Pengambilan dilakukan secara serentak di beberapa lokasi. Adapun fasilitas yg kami punyai bisa di lihat di lab-bising.blogspot.com. Saya juga sudah membimbing lebih kurang 35 orang mahasiswa TA dari TL Trisakti, USU Medan, Sahid Jakarta, Mesin UKI, FT ITB, Fisika ITS,Lanskap IPB. Atau jika berminat bisa menghubungi saya di e-mail saya wisnueka@indosat.blackberry.com. Mudah-mudahan informasi bisa membantu teman2 ataupun adik2 yg memang membutuhkan data masalah kebisingan. Thnks

oky - Mei 23, 2011

ok lah kalau begitu Bang Yoppy

dian - Januari 28, 2012

bolehkah saya minta data kebisingan industri (sektor informal)? Tks.

47. singgih - Maret 2, 2009

mohon bantuannya
saya sedang menyuun KTI, dalam bab daftar pustaka saya kurang faktor-faktor lingkungan fisik dalam penggilinga padi.
misalkan dapat bantu saya tolong saya kasih refrensinya.
sebelumnya saya ucapkan banyak terimakasih

48. singgih - Maret 2, 2009

misal bisa mohon dikirim ke email
singgih_091@ymail.com
trimakasih banyak-

49. amanina - Maret 20, 2009

saya mahasiswa D3 hiperkes UNS,
saya sedang melakukan penelitian ttg pengaruh kebisingan yang bersumber pada musik player. tolong lmpirkan hal2 yg da kaitannya dg penelitian saya,

50. yuni - Maret 31, 2009

saya mahasiswa D3 KesLing POLTEKKES YK, Mohon bantuan referensi tentang pengaruh kebisingan dengan psikologi manusia, dan cara pengukurannya bgmna?

Purnomo - Desember 3, 2009

Dear Yuni,
sudah dapat belum jawaban ttg kebisingan tsb?
dengan menggunakan SLM sound level meter dan Noise dosimter. yang saya tau itu, alat yang lain entah blm dpt

dedyaudio - Maret 4, 2010
51. Sari - April 5, 2009

Saya mahasiswa DIII Hiperkes UNS. tolong di share-kan perhitungan Noise Reduction Rate untuk mengetahui atenuasi APD telinga

52. ann - April 18, 2009

saya mahasiswa kesehatan kerja. saat ini saya sedang menyusun skripsi. mohon bantuan referensi tenetang hubungan kebisingan dengan tekanan darah di penggilingan padi.

53. ann - April 18, 2009

misal ada tolong kirim ke email saya Apryil_21@yahoo.co.id terima kasih banyak

54. buL - Mei 3, 2009

untuk bisa sharing info kungi situs kami mahasiswa K3 FKM UI di forumkatiga2007.blogspot.com

terimakasih

55. SUBIYANTO - Mei 25, 2009

SORE

BOLEH SAYA MINTA DATA TULI AKIBAT BISING DIINDONESIA DAN DIKEPRI PAK

THANKS

REGARD

SUBI

56. mikobagus - Juni 24, 2009

aslam,
saya dari mahasiswa D3 Hiperkes dan Keselamatan Kerja UNS,yang bulan Januari tahun depan akan menempuh magang.
saya mau minta tolong buat info tempat magang,baik di perusahaan yang bergerak di bidang oil & gas maupun Pertambangan.
trima kasih atas bantuannya,
salam k3Lh
miko.bagus@gmail.com

57. anita - September 29, 2009

saya mahasiswi S1 UI, sekarang saya sedang meneliti tentang dampak kebisingan pada kehidupan manusia yang disebabkan oleh kendaraan bermotor,,
tolong lampirkan hal-hal yang bersangkutan dengan penelitian saya tersebut,,
T_q yach,,

58. reza - Oktober 4, 2009

saya mahasiswa KesLing, saya sedang membuat penelitian tentang kebisingan. boleh saya minta data2 ttg prevalensi kebisingan di Indonesia dan global, baik untuk pekerja maupun masyarakat yang terkena pencemaran bising ini.
terima kasih…

reply please asap iniucil@gmail.com

59. lj - Oktober 9, 2009

coba nulis lbih rinci tentang kebisingan,soalnya dilihatm untukbidang kayak gitu susah di cari bukunya di tempat tinggalku…..

60. Indra - Oktober 14, 2009

Sya mahasiswa teknik penerbangan di STTA yogyakarta.
Saya mhn pendapatnya, bila kebisingan pesawat dikaitkan dengan dampaknya terhadap ekologi.

Saya mhon dikirimkan ke E-mail saya. . .
terimakasih.

61. boleh aja - Oktober 28, 2009

kalo boleh tau, ada gak hubungan kebisingan dengan panas dari lingkungan

62. Purnomo - Desember 3, 2009

Dear All,
adakah metode pengendalian kebisingan dengan rekayasa enginering pada satu factory antara lain: center pin, penggerindaan, gouging, sandblasting? (selain dengan PPE, krena PPE solusi trakhir).

RP
Industrial Hygiene

natu chres - Januari 8, 2010

Saya natuchres dari Univ negeri Nusa Cendana kupang…untuk temen2 forum tolong bagi2 informasi tentang bagaimana reaksi/pengaruh Suara bising/suara musik terhadap damapak lingkungan, . Atau yang punya bahan/ jurnal ilmiah bisa dikirimkan ke saya melalui email saya natuchres@yahoo.co.id
Mohon kerja samanya untuk penelitian saya..terima kasih…

63. ryma - Januari 9, 2010

saya mahasiswa S1 kehutanan. saya sedang meneliti tentang kemampuan pohon dalam meredam kebisingan. bagi teman-teman yang tahu tentang persamaan analisis hubungan antara pohon dengan kebisingan atau yang punya jurnal/bahan tentang hal tersebut, tolong dikirimkan ke saya melalui email saya rymai_taurus@yahoo.com.
mohon bantuannya.terimah kasih….

dedyaudio - Maret 4, 2010
64. Toto SB - Agustus 6, 2010

Tolong informasikantuas seorang HSE apa saja…?
Program HSE untuk tambang biji besi apa saja,
Regards
Toto

65. Haji Mudien Chie'blue Fanzelo - Agustus 27, 2010

thankz yaa,, bkkat qmu nq bsa slesai kan tugaz ramadhan,, hkhkhkhksss

66. r - Agustus 27, 2010

bgus,, bgus,, bgus,,
aq ska karyanya, klo bleh tlong di tambah lgi agar lbih jlas……………………!

67. tomaavaluak - September 4, 2010

Hello My name is Ed and i would like to show you this great [url=http://www.bhgalleries.com][b]Free Porn[/b][/url] and [url=http://amazingteenbabes.com][b]Teen Porn[/b][/url] or [url=http://www.partygalleries.com][b]Porn[/b][/url] free sites

68. Grosir Sepatu Safety - September 15, 2010

Terima kasih atas sharingnya yg sangat menarik,
semoga bermanfaat.

Salam kenal & sukses selalu,
Purwadi
Grosir Sepatu Safety
http://grosirsepatusafety.wordpress.com
0811773163

69. annisa - Oktober 24, 2010

saya mhssw s1 TL akan menyusun TA mengenai analisis kebisingan di dalam studio band dengan pemanfaatan barier buatan.
bagi teman-teman yang memiliki referensi / jurnal terkait hal tersebut mohon bantuannya, dan tolong dikirimkan melalui email saya di incrediblechoul@yahoo.co.id

mohon bantuannya, terima kasih..

70. lucky - Juli 12, 2011

sumbernyadr mana????

71. saia - Agustus 21, 2011

saya mhasiswi fisika dari ambon, saya membutuhkan penjelasan lbh mendalam tentang hubungan pengaruh nilai batas kebisingan dngan ksehatan, misalnya kalau nilai 120 dB itu bisa menyebabkan penyakit apa dan seterusnya…

mohon bantuannya, sy sdg menyusun skripsi….
thanks untuk bantuannya…..

72. Sabar - September 17, 2011

Saya calon dokter spesialis THT, sedang menyusun tugas tentang gangguan pendengaran akibat kerja, dengan harapan bisa menjadi rekomendasi bagi pekerja yang beresiko.
Mohon bantuan artikel, referensi dan peraturan perundang-undangan yang terkait hal tersebut. Trims atas bantuannya..

73. Sabar - September 17, 2011

BOLEH SAYA MINTA DATA TULI AKIBAT BISING DIINDONESIA ?

74. yusuf - Februari 3, 2012

saya yusuf yang lg bikin skripsi tentang kebisingan pada workshop di kampus saya (UNP) kalau ada bahan share dong ke email saya: qinoexs@yahoo.co.id
thanks sebelumnya

Ridoe Ramos - Januari 21, 2013

ass bg,,,boleh saya mnta almat fb atau nmor telpon ny bg,soal nya judul skripsi saya sama dengan yang abg buat,nma saya rido,jurusan teknik otomotif 2009

75. yaty pelehang - Februari 17, 2012

sya sedang menyusun tugas akhir..dan saya mengambil tetantng kebisingan …bisa saya minta informasi tentang referensi atau artikel-artikel yang berhubungan dgn kebisingan ..di share lewat email Yaty3@yahoo.co.id

76. Dini Ssii Fatwa - Februari 18, 2012

saya mohon pertolongan anda,
apa saja sih dampak bunyi bagi kesehatan manusia, tp jangan panjang-panjang yah, gg ngerti… o.y tolong disertai sumber dan contoh yah..

makasih.

77. tiyae - Maret 14, 2012

kebetulan saya lg persiapan u nyusun tgs akhir…! mohon bantuanya untuk beberapa contoh & reverensi ttg kebisingannya pada pabrik penggilingan padi. kealamat email sy tiyae.pahmara@gmail.com
thks…!

78. may susi - Maret 20, 2012

saya mahasiswa lage nyusun tugas akhir,,

kebetulan saya membahas tentang hubungan kebisingan dengan kesehatan pekerja di industri
mohon dong bantuan untuk memberikan beberapa contoh dan reverensinya yah!!!
di balas melalui email ea mseruazzii@yahoo.com
makasih

79. frengki - November 4, 2012

saya mahasiswa Fisip sosiologi Universitas nusa cendana, sekarang saya meneliti tentang Implikasi sosial volume musik angkutan kota di kota. kalo ada yang punya referensi tolong kirim ke email frengkhissanu@yahooo.com. thanks.

80. Adymex Nalle - November 4, 2012

saya mahasiswa Fisip sosiologi Universitas nusa cendana, sekarang saya meneliti tentang Implikasi sosial volume musik angkutan kota di kota. kalo ada yang punya referensi tolong kirim ke email frengkhissanu@yahooo.com. thanks.

81. serli marlinton - Desember 5, 2013

saya Serli marlinton Mahasiswa universitas muhammadiyah Bengkulu saya saat ini dalam langkah menyelesikan studi saya skripsi yg berjudul analisis tingkat kebisingan suara pesawat terbang terhadap keluhan masyarakat di sekitar bandara. mohon bantuannya kepada temen-temen bagi yg punya refrensi mslah kebisingan krim ke email saya. serliwolves@yahoo.com


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: